Sabtu, 06 Juli 2013

Materi Logika Matematika


Logika Matematika untuk Ilmu Komputer
Dalam kehidupan kita sehari-hari, ilmu matematika sudah biasa kita dengar dan kita pelajari dari bangku sekolah dasar. Mathematical merupakan pelajaran wajib dan mencakup semua bidang ilmu lainnya. Apalagi dizaman modern sekarang ini ilmu teknologi semakin merajai ilmu-ilmu dan penemuan baru didunia. Teknologi sangat berperan penting bagi masyarakat modern sekarang ini.
Artikel ini akan dibahas sedikit tentang kaitan matematika dengan ilmu dalam bidang lainnya. Khususnya dalam bidang computer.
Bila kita berbicara tentang matematika, kita akan banyak berfikir secara logika. Sehingga dalam ilmu matematikapun ada pembelajaran khusus tentang logika yang disebut dengan logika matematika.
Logika (logic) berasal dari kata bahasa Yunani yaitu “logos”. Dalam bahasa Inggris berarti “word”, “speech”, atau “what is spoken”, lebih dekat lagi degan istilah “thought” atau “reason”. Oleh karena itu, definisi logika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau berkaitan dengan prinsip-prinsip dari penalaran argument yang valid.
Dahulu logika dipelajari sebagai salah satu cabang filosofi atau ilmu filsafat. Akan tetapi, sejak tahun 1800an logika dipelajari di bidang matematika dan sekarang ini juga dibidang ilmu computer. Karena logika mempengaruhi ilmu computer dibidang perangat keras maupun perangkat lunaknya.
Logika secara umum berhubungan dengan penalaran deduktif (deductive reasoning) yang hanya secara umum mengambil kesimpulan dari premis-premisnya. Berbeda dengan penalaran induktif (inductive reasoning ), yakni studi tentang pengambilan kesimpulan umum yang diperoleh dari suatu penelitian atau observasi.
Istilah logika matematika diperkenalkan kali pertama oleh Giuseppe Peano (1858-1932), seorang ahli matematika dari Italia yang memublikasikan bukunya di tahun 1887 yang membahas tentang logika matematika. Dalam buku tersebut ia juga memperkenalkan symbol-simbol modern union dan intersection untuk kali pertama. Boleh dikatakan Peano adalah penemu logika matematika dan teori himpunan.
Hubungan logika matematika dengan ilmu computer adalah, logika matematika merupakan dasar-dasar yang penting bagi seseorang jika ingin belajar algoritma, teknik-teknik pemrograman berstruktur, dan teknik pemrograman berorientasi obyek yang dalam penulisan programnya sangat erat kaitannya dengan logika.
Sumber refrensi : Buku Logika Mathematical untuk Ilmu Komputer, karangan F. Soesianto dan Djoni Dwijono, Penerbit ANDI YOGYA, 2006.


Logika disebut juga “the calculus of computer science” karena logika memegang peranan yang sangat penting di bidang ilmu komputer. Peran kalkulus (matematika) sama pentingnya untuk ilmu-ilmu bidang sains, misalnya ilmu fisika, ilmu elektronika, ilmu kimia, dan sebagainya. Oleh karena itu, biasanya pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen setuju bahwa
logika memainkan peranan penting dalam berbagai bidang keilmuan, bahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.
Logika, komputasi numerik, dan matematika diskrit memiliki peran penting dalam ilmu komputer karena semuanya berperan dalam pemrograman. Logika merupakan dasar-dasar matemtis suatu perangkat lunak, digunakan untuk memformalkan semantik bahasa pemrograman
dan spesifikasi program, serta menguji ketepatan suatu program. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya logika matematika karena banyak ilmu, khususnya dalam bidang ilmu komputer, yang memerlukan logika untuk berkembang.
Logika dalam ilmu komputer dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi,
rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan lainlainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Salah satu contoh yang populer adlah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur
komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit.
Logika matematika (mathematical logic) adalah cabang ilmu di bidang matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika.
Logika matematika sendiri juga terus berkembang, mulai dari logika proposional, logika predikat, pemrograman logika, dan sebaganya. Perkembangan terakhir ilmu logika adalah logika fuzzy, atau di Indonesia disebut logika kabur atau logika samar. Implementasi logika fuzzy dapat ditemui pada pengatur suhu udara (AC), mesin pencuci, kulkas, lainnya. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan mengenai peran penting logika dalam ilmu komputer. Jika seseorang ingin mempelajari ilmu
komputer, maka ia tidak bisa terlepas dari masalah logika. Oleh karena itu, logika matematika dipelajari secara formal di perguruan tinggi, khususnya dalam ilmu komputer sebagai matakuliah wajib selama 1 semester. Di indonesia sendiri ilmu komputer lebih populer dengan nama Teknik Informatika atau Teknologi Informasi Dikutip dari buku “ Logika Matematika Untuk Ilmu Komputer”, oleh F. Soesianto dan Djoni Dwijono, Andi Offset, Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar